Blogger news

Selasa, 11 Januari 2011

Penilaian Persediaan: Pendekatan Kos (Inventory Valuation: Cost Method)

Definisi Persediaan:

Adalah meliputi semua barang yang dimiliki perusahaan pada saat tertentu, dengan tujuan untuk dijual atau dikonsumsi dalam siklus operasi normal perusahaan. Aktiva lain yang dimiliki perusahaan, tetapi tidak untuk dijual atau dikonsumsi tidak termasuk dalam klasifikasi persediaan.
Penggolongan Persediaan
Perusahaan jasa                       tdk punya persediaan
Perusahaan dagang
Tujuan pokok akuntansi terhadap persediaan

1.  Penentuan jumlah persediaan yang akan disajikan di Neraca (Penilaian Persediaan)
2.  Penentuan laba-rugi periodik (income determination), yaitu melalui proses mempertemukan antara kos barang yang dijual dengan hasil penjualan
Masalah dalam penilaian persediaan:
1.Menentukan dan mengidentifikasi fisik (baik jenis maupun kuantitas)
2.Menentukan kos yang akan dipakai sebagai dasar penilaian terhadap persediaan
Ad.1. Masalah fisik
Pada akhir periode tahun buku, ada kemungkinan (a) perusahaan menguasai/memegang barang yang bukan miliknya dan (b) Memiliki barang yang tidak berada di perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya ketelitian di dalam penentuan hak kepemilikan. Berkaitan dengan hal ini perlu diperhatikan item-item berikut ini:
Barang Konsinyasi (Consigned Goods)
Tidak semua barang yang berada di gudang/toko bisa diakui menjadi milik perusahaan, misalnya barang titipan dari pihak lain dengan tujuan akan dijual untuk dan atas nama pihak lain tersebut dengan mendapatkan sejumlah komisi (consignment in) tidak dapat diakui sebagai milik perusahaan. Sebaliknya utk barang yang sifatnya consigment out, yang s.d. tgl neraca belum terjual harus dicantumkan di Neraca.
Barang dalam perjalanan (Goods in transit)
Masalah kepemilikannya sangat tergantung dari perjanjian yang disepakati oleh penjual dan pembeli. 2 syarat tersebut adalah (1) Fob Shipping Point dan (2) Fob Destination.
Ad. 1. Fob Shipping Point
Berdasarkan perjanjian ini, apbl ada barang yang masih dalam perjalanan diakui menjadi milik pembeli. Sehingga harus tampak di Neraca
Ad. 2. Fob Destination
Berdasarkan perjanjian ini, barang yang dibeli secara sah menjadi milik pembeli saat barang tsb sampai di gudang pembeli. Barang dalam perjalanan tidak boleh diakui sebagai hak milik.
Sistem pencatatan (administrasi) persediaan:
1.Sistem fisik/periodik (periodic inventory system), berdasarkan sistem ini persediaan ditentukan dengan melakukan menghitung fisik terhadap persediaan. Penghitungan fisik persediaan dilakukan secara periodik. Dalam sistem ini pencatatan terhadap mutasi persediaan tidak selalu diikuti. Oleh karena itu prosedur penghitungan fisik persediaan pada akhir periode harus dilakukan (mandatory procedure) untuk dapat menentukan fisik persediaan yang akan dilaporkan dalam laporan keuangan. Hasil perhitungan fisik ini dipakai sebagai dasar penentuan nilai persediaan
2.Sistem perpetual (perpetual inventory system), Pencatatan terhadap mutasi persediaan selalu diikuti secara konsisten, dengan mencatat semua transaksi yang menyebabkan berkurang atau bertambahnya persediaan. Penghitungan fisik persediaan menjadi tidak wajib diselenggarakan (mandatory procedure).
Contoh kasus:
Berikut ini data penjualan, pembelian dan persediaan barang dagangan PT. Ana, untuk periode tahun buku yang berakhir pada tgl 31 Desember 2004 sbb:
-Persediaan awal 1500 unit @ Rp. 450
-Pembelian,          2000 unit @ Rp. 450
-BTUD                  3500 unit
-Penjualan            2250 unit @ Rp. 750
-Persediaan Akhir 1250 unit
Slide 8
Asumsi Aliran Kos (Cost Flow Assumption)
Perusahaan memiliki persediaan yang cukup banyak. Persediaan didapat dari beberapa pembelian yang telah dilakukan, dengan waktu dan kos yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam penilaian kos persediaan harus didasarkan pada asumsi aliran kos.
Asumsi aliran kos ada 4 metode, yaitu:
1.Identifikasi khusus
2.FIFO (First In First Out)
3.LIFO (Last In First Out)
4.Rata-rata (Average)
Contoh kasus
Slide 9
Dari perushaan PT. “Messi” pada Desember 2004 diperoleh informasi tentang persediaan sebagai berikut:
1/12   – Persediaan awal Rp. 1000 unit @Rp. 500
10/12 – Pembelian          800 unit                  550
20/12 – Pembelian          700 unit                  600
18/12 – Penjualan          900 unit
27/12 – Penjualan          500 unit
Ditanya: Berapakah jumlah/nilai persediaan (akhir) dalam unit dan Rupiah ? (Gunakan metode Fisik dan Perpetual FIFO, LIFO, Average)
Slide 10
Pengaruh Ausumsi Aliran Kos terhadap Laporan Keuangan
Slide 1
Cost Flow
Neraca
Rugi/Laba
FIFO
Menggambarkan nilai yang mendekati harga pasar (harga yang bisa direalisir)
Menggambarkan harga pokok penjualan yang tidak sebanding dengan harga pasar. Dalam hal ini laba dinilai terlalu besar
LIFO
Menggambarkan nilai persediaan yang terlalu kecil
Menggambarkan harga pokok penjualan yang mendekati harga pasar. Dalam hal ini laba dinilai wajar
Average
Menggambarkan nilai persediaan yang terlalu kecil tetapi lebih besar daripada LIFO
Menggambarkan harga pokok penjualan yang mendekati harga pasar, tetapi lebih kecil daripada LIFO. Dalam hal ini laba dinilai lebih besar daripada LIFO, tetapi lebih kecil dari FIFO

Untuk memudahkan anda dalam mempelajari materi ini atau untuk bahan presentasi, kami telah menyiapkan materi dalam bentuk ppt yang bisa di download..silahkan download di link yang tersedia..

DOWNLOAD.ppt

3 komentar:

  1. Maaf, bukannya sekarang LIFo tidak dipakai lagi? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  2. wah terimakasih atas kritikannya sobat...wah saya malah tambah info dari sobat nie tentang LIFO itu..haha materi di atas itu sebenarnya hanya pengetahuan bahwa ada beberapa metode dalam penilaian persediaan termasuk LIFO sob..kalau perkara sekarang sudah tidak di pakai berarti itu info baru bagi saya..tapi menurut saya dipakai atau tidaknya itu tergantung dari kebijakan masing2 perusahaan dalam penilaian persediaannya sob..thanks atas info'a sob..

    BalasHapus
  3. download koleksi slide.powerpoint, ebook, dan solution manual untuk buku-buku akuntansi terbitan prentice hall, mcgraw hill, south western college, john wiley and sons, dan lain-lain secara gratis, kunjungi:

    http://downloadslide.blogspot.com

    the best blog to download accounting, management and economics slides and ebooks

    BalasHapus

Berilah Komentar Apabila anda menyukai materi di atas!komentar bersifat membangun dan gunakan kata-kata sepatutnya..Terimakasih

Convert Currency