·
Apa
itu Perdagangan Elektronik (E-Commerce)?
Perdagangan Elektronik atau yang
disebut juga E-Commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer
untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari E-Commerce adalah
pengginaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual
produk. Pandangan seperti ini tidaklah salah namun pandangan ini adalah
pandangan sebagian kecil dari arti E-Commerce yang sesungguhnya. Sebagian besar
E-Commerce terjadi antar bisnis dan bukan antara bisnis dengan konsumen. Dalam
lingkup perdagangan elektronik atau E-Commerce dikenal dua sistem jalur
perdagangan elektronik, dimana sistem yang pertama dikenal dengan istilah B2C
atau Bussines to Consumer. B2C sebuah
sistem E-Commerce yang melibatkan pihak bisnis dalam hal ini produsen langsung
berhubungan dengan pengguna akhir produk dalam hal ini adalah konsumen. Dan
sistem jalur perdagangan E-Commerce yang ke dua adalah B2B atau Bussiner to Bussines. Berbeda dengan
B2C, dimana B2B melibatkan pihak bussines dalam hal ini produsen dengan sesama
pihak Bussines dalam hal ini adalah Distributor dimana barang tidak langsung
sampai pada pengguna akhir produk.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang
yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan
informasi dari perusahaa yang terpengaruh. Orang yang terlibat dalam B2B
biasanya sangat terltih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses
bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Transaksi B2C membutuhkan
perbedaan desain yang mendasar. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam
bidang teknologi informasi, sehingga situs Web harus memberikan instruksi dan
bantuan. Semua perbedaan ini digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C
memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs, kereta
belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian.
·
Mengapa
menggunakan E-Commerce dalam menjalankan transaksi perdagangan?
Kemajuan jaman dan perkembangan
teknologi merupakan alasan logis penggunaan E-Commerce dalam menjalankan
transaksi perdagangan. Arus globalisasi memaksa naiknya tingkat persaingan
diantara pelaku bisnis, penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi menjadi
sebuah parameter perkembangan media dalam melakukan transaksi bisnis.
Perusahaan melaksanakan E-Commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi
secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakn hasil dari tiga
manfaat utama yaitu :
-
Perbaikan
layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan.
-
Perbaikan
hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan.
-
Peningkatan
imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat-manfaat tersebut memberikan
kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing
dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi
komputer. Pada awal kemunculannya, E-Commerce dipandang sebuah sistem lemah
yang memiliki banyak kekurangan, kekurangan tersebut adalah :
-
Biaya
yang tinggi
-
Kekhawatiran
akan masalah keamanan
-
Peranti
lunak yang belum mapan atau tersedia
Tetapi semakin berjalannya waktu dan
berkembangnya sistem E-Commerce, semua kendala tersebut menjadi sebuah
tantangan bagi perusahaan. Biaya dan sumber daya komptasi pada akhirnya menurun
seperti halnya dahulu pengguna telepon sangat jarang dikarenakan biaya pada
waktu itu sangat mahal, tetapi seiring berjalannya waktu telepon menjadi sangat
populer dan menjelma sebagai kebutuhan primer sehingga biaya untuk
mendapatkannyapun semakin murah. Keamanan adalah satu masalah bagi transaksi
B2B dan B2C, perusahaan menggunakan jaringan yang aman yang dimonitor terus
menerus dan jaringan ini terbukti sangat aman. Meskipun persentase penjualan
ritel E-Commerce th 2004 masih jauh kecil dibandingkan penjualan grosir, tetapi
departemen perdagangan melaporkan bahwa persentase penjualan ritel yang
berbentuk E-Commerce telah naik dari 0,7 persen menjadi 2,3 pada kuartal
keempat.
·
Bagaimana
menggunakan Tekhnologi Informasi dalam menjalankan E-Commerce ?
Basic dari sebuah sistem E-Commerce
adalah jaringan internet yang terhubung dengan baik. Disamping itu perangkat
keras dan lunak menjadi syarat wajib untuk mengoprasikan sistem E-Commerce ini. Hal ini dimulai dari perangkat keras
berupa komputer atau saat ini telah berkembang dimana sistem komputerisasi
telah terinstalasi dengan baik dalam sebuah ponsel. Peranti lainnya perangkat
yang digunakan untuk menciptanakan sebuah jaringan Internet.
Syarat untuk berkecimpung dalam sebuah
sistem E-Commerce adalah dengan tergabung dalam IOS (Interorgansasional Sistem), dimana IOS terdiri atas sekutu
dagan. Perusahaan bergabung dalam IOS untuk mendapatkan keuntungan efisiensi
komparatif. Salah satu cara untuk membuat IOS adalah melalui pertukaran data
elektronik melalui aliran-aliran data yang paling umum yang menghubungkan
perusahaan dengan para pemasoknya. Jaringan komunikasi data yang menghubungkan
sekutu-sekutu dagang dapat dicapai dengan konektivitas langsung di mana
carrier-carrier umum memberikan sirkuitnya. Internet adalah suatu jaringan
global dari banyak jaringan. Navigasinya difasilitas oleh World Wide Web.
0 komentar:
Posting Komentar
Berilah Komentar Apabila anda menyukai materi di atas!komentar bersifat membangun dan gunakan kata-kata sepatutnya..Terimakasih