Blogger news

Senin, 30 Agustus 2010

Mem-posting Jurnal ke Buku Besar

1. Posting
Setiap transaksi yang telah dicatat secara kronologis dalam jurnal dipindahkan ke dalam akun-akun yang bersangkutan. Kumpulan akun-akun tersebut dinamakan buku besar. Pemindahbukuan dari jurnal umum ke buku besar disebut posting.

2. Tehnik Referensi
Tehnik referensi adalah mengisi nomor halaman jurnal pada kolom ref (referensi) di buku besar untuk menandakan bahwa jurnal tersebut telah di-posting ke buku besar.


3. Tata Cara Posting
Tata cara posting dari jurnal umum ke buku besar adalah sebagai berikut.
a. Mencatat tanggal terjadinya transaksi yang diambilkan dari tanggal transaksi pada jurnal ke kolom tanggal akun buku besar yang bersangkutan.
b. Mencatat keterangan yang diambil dari kolom keterangan jurnal untuk dipindahkan ke kolom keterangan pada akun buku besar yang bersangkutan.
c. Mencatat jumlah debet jurnal ke kolom debet akun buku besar yang bersangkutan dan mencatat jumlah kredit jurnal ke kolom kredit buku besar yang bersangkutan.
d. Mencatat nomor halaman jurnal ke kolom referensi (ref) akun buku besar yang bersangkutan.
e. Jika akun dalam jurnal sudah dipindahkan ke dalam akun buku besar maka di kolom referensi jurnal dicatat nomor kode akun yang bersangkutan.

Neraca Saldo
Tahapan siklus setelah penyusunan buku besar adalah penyusunan daftar saldo atau neraca saldo. Neraca saldo merupakan daftar yang berisi semua saldo akhir dari akun buku besar yang dicatat secara sistematis menurut nomor akun buku besarnya, disertai saldo debet dan kredit akun yang bersangkutan.

baca juga materi lainnya :


0 komentar:

Poskan Komentar

Berilah Komentar Apabila anda menyukai materi di atas!komentar bersifat membangun dan gunakan kata-kata sepatutnya..Terimakasih

Convert Currency